Senin, 09 April 2012

Indonesian Idol season 1 2004


mengikuti histeria idol di Amerika,maka pada tahun 2004 untuk pertama kalinya di adakan Indonesian idol yang hak siarnya di pegang oleh RCTI.
Indonesian Idol season pertama ini merupakan season terbaik dari semua season indonesian idol,dimana kedekatan emosional dengan penonton sangat terasa.antusias masyarakat sangat besar.

Seleksi berlangsung selama 6 bulan, dari awal tahun 2004 dengan seleksi yang ketat dari berbagai wilayah, seperti Bandung, Jakarta, Medan,Surabaya & Jogjakarta. penyeleksian yang sangat selektif dari para juri menghasilkan 130 orang kontestan yang masuk ke babak selanjutnya di Jakarta, ke 130 orang kontestan ini semuanya bertalenta,sehingga juri juga sangat ketat menentukan siapa siapa saja kontestan yang berhak masuk ke babak 70 besar kemudian di kurangi lagi menjadi 30 besar yang akan adu nyanyi di babak workshop top 30.

Group 1 :

Order Contestant
Result
1 Helena Adrian
Safe
2 Raymond W. Luke Latuheru
Eliminated
3 Tiara Degrasia
Eliminated
4 Aldy Erlangga
Eliminated
5 Imelda Ragillia
Eliminated
6 Hariady Mantong
Eliminated
7 Karen Theresia Pooroe
Eliminated
8 Michael Jakarimilena
Safe
9 Imayuri Tobing
Eliminated
10 Delon Thamrin
Safe

Group 2

Order Contestant
Result
1 Fidri Rinaldi
Eliminated
2 Rudyni Febri
Eliminated
3 Nasir Arafah
Eliminated
4 Restu Maya Sari
Eliminated
5 Hendra Reymon
Eliminated
6 Mutia Safitri
Eliminated
7 Denny Zethi Pattipeilohy
Eliminated
8 Winda Viska
Safe
9 Adika Priatama
Safe
10 Joy Destiny Tobing
Safe

Group 3

Order Contestant
Result
1 Della Setia
Eliminated
2 Rusliwardy
Eliminated
3 Rotua Dewi Guna
Eliminated
4 Lucky Octavian
Eliminated
5 Chusnul Anisa
Eliminated
6 Dimas Rakhmansyah
Eliminated
7 Nania Yusuf
Safe
8 Hendra Samuel
Eliminated
9 Suci Wulandari
Safe
10 Bona Sardo
Safe


Karena dari babak workshop baru terpilih 9 finalis yang akan tampil ke babak spekatakuler yaitu Helena Adrian,Michael Jakarimilena,Delon Thamrin,Winda Viska,Adika Priatama,Joy Tobing,Nania Yusuf,Suci Wulandari & Bona Sardo ,maka untuk melengkapi menjadi 10 Finalis diadakan babak wild card yang akan memilih 1 orang kontestan , 8 orang yang akan tampil di babak wildcard di pilih dari semifinalis yang tersisih di babak workshop,ke 8 kontestan tersebut adalah Karen Theresia Pooroe,Tiara Degrasia,Hariady Mantong,Imelda Ragillia,Rudyni Febri,Hendra Reymon,Lucky Octavian & Chusnul Anisa yang menggantikan Hendra Samuel yang karena berbentrokan dengan kegiatan lain (mengikuti kompetisi World Cyber Games 2004) tidak bisa tampil di babak wild card, padahal peluang Hendra Samuel untuk tampil ke babak spektakuler sangat besar karena dia merupakan kontestan favorite para juri dengan kemampuan vocalnya yang sangat bagus, tapi pilihan Hendra Samuel untuk tidak tampil di babak wild card akhirnya terbukti tepat karena sekarang kita mengenal Hendra Samuel sebagai salah satu penyanyi pria top di Indonesia yaitu Sammy Simorangkir.

berdasarkan voting tertinggi di Babak wildcard akhirnya terpilih Karen Theresia Pooroe sebagai finalis ke 10 babak spektakuler, tapi setelah melihat talenta yang di miliki semua kontestan wildcard maka pihak juri yang di wakili Indra Lesmana memutuskan untuk menambah 1 lagi finalis dan juri memilih Lucky Octavian sebagai finalis ke 11 babak spektakuler.

11 Finalis yang terpilih ke babak spektakuler adalah  :

 1.JOY TOBING (Grand Finalist & Juara Indonesian Idol 1)


2.DELON THAMRIN (Grand Finalist & Runner Up) Indonesian Idol 1


3.NANIA YUSUF (Top 3 & tersisih pada Spektakuler 8)


4.HELENA ADRIAN (Top 4 & tersisih pada Spektakuler 7)


5.MICHAEL JAKARIMILENA (Top 5 & tersisih pada Spektakuler 6)


6.LUCKY OCTAVIAN (Top 6 & tersisih pada Spektakuler 5)


7.BONA SARDO (Top 7 & tersisih pada Spektakuler 4)


8.KAREN THERESIA POOROE (Top 8 & tersisih pada Spektakuler 3)


9.WINDA VISKA (Top 9 & tersisih pada Spektakuler 2)


10.SUCI WULANDARI (Top 10-11 & tersisih pada Spektakuler 1)


11.ADIKA PRIATAMA (Top 10-11 & tersisih pada Spektakuler 1)


Sedangkan yang menjadi juri pada season pertama adalah :

1.INDRA LESMANA


2.MEUTHIA KASIM


3.TITI DJ


4.DIMAS DJAYADININGRAT


Host / Pembawa Acara :
1. AMELIA NATASHA (ATTA)


2. IRGY AHMAD FAHREZI (IRGY)



Kesebelas finalis merilis album kompilas :  Indonesian Idol: Indonesian All-Time Hits dengan hits yang berjudul Ekspresi (lagu yang pernah di populerkan Titi Dj ciptaan Indra Lesmana

 Dirilis : 5 Juli 2004
Genre : Pop
Durasi: 46:54
Label  : BMG Indonesia

Song lists :
  • Ekspresi - All Finalis
  • Aku Ingin - Delon 
  • Ironi - Helena 
  • Kau - Adika 
  • Lilin-Lilin Kecil - Nania 
  • Apatis - Michael 
  • Khayal - Joy Tobing 
  • Kidung - Bona 
  • Salahkah Aku - Suci 
  • Nuansa Bening - Lucky 
  • Burung Camar - Karen 
  • Dalam Cita Dan Cinta - Winda 

 FYI :

1. Indonesian Idol season 1 ini merupakan satu2nya season yang paling transparan dalam info tentang hasil voting karena hasil voting di umumkan ke publik,sehingga masyarakat tau jumlah voting setiap kontestan setiap minggunya.

2. Diminggu pertama babak spektakuler, ada 2 peserta yang tereliminasi (Suci & Adika) dengan 4 peserta yang tidak aman (Suci,Adika,Karen & Michael)

3. Nania tidak tampil dibabak Top 7 karena sakit , jadi hanya ada 6 peserta yang tampil.Jika diminggu berikutnya Nania masih absen, secara otomatis ia tereliminasi.

4. Juri paling kritis adalah Dimas Djayadiningrat & Meuthia Kasim sehingga Meuthia Kasim sempat dijuluki Simon Cowell indonesia,kita masih ingat bagaimana kritikan Meuthia Kasim terhadap cara bernyanyi Joy Tobing yang disebutnya senam muka atau komentar dimas djay yang menyebut kontestan STD (Standar) & Kentang (kena tanggung) setiap kali penampilan finalis kurang bagus.

5. Joy Tobing, sang pemenang, akhirnya memutuskan kontraknya dengan pihak management yang ditunjuk Fremantle Media setelah adanya masalah di antara kedua pihak (pihak RCTI & Indonesian Idol merasa dirugikan karena beredarnya album album joy sebelum  indonesian idol oleh pihak di luar label rekaman resmi Indonesian Idol BMG Indonesia sedangkan pihak Joy merasa ada ketidak adilan yang dilakukan oleh pihak Indonesian Idol terkait keberpihakan team Indonesian Idol kepada Delon dengan perlakuan yang berbeda terhadap album debut joy & delon,dimana pihak management idol terlihat sangat mengistimewakan delon melebihi joy yang merupakan juara resmi season 1) .karena ketidakharmonisan antara joy & team management idol maka gelar juara joy di copot dan diberikan kepada delon.

6. Beberapa hari sebelum malam final penentuan juara Indonesian Idol, Helena Andrian mengundurkan diri dari Indonesian Idol karena adanya ketidaksepakatan kedua belah pihak mengenai kontrak kerja.

7.  Rotua Dewi Guna Nababan kontestan babak workshop sekarang lebih dikenal sebagai dewi guna merupakan penyanyi gospel terkenal indonesia dan sudah merilis beberapa album gospel, saya sebenarnya sangat berharap dewi guna di pilih tampil di babak wildcard karena di babak2 130 ,70 & top 30 penampilan dewi guna sangat bagus,tapi pilihan juri berbeda & dewi guna tidak terpilih untuk tampil di babak wildcard.

8.my Favorites season ini adalah semua finalist,karena semuanya memiliki talenta yang luar biasa,tapi sejak awal saya menjagokan joy menjadi pemenang,penampilan joy selalu all out & di atas kontestan lainnya

9. Sammy Simorangkir merupakan salah satu kontestan di babak top 30

10. Indonesian idol season 1 ditayangkan di RCTI Mulai 9 April 2004 sampai 4 September 2004



2 komentar:

  1. Cukup bagus postingannya. Jarang ada yang mau menulis tentang Indonesian Idol sampai seperti ini. Walaupun memang masih banyak lagi fakta2 lain yang juga gak kalah menarik untuk ditulis.

    BalasHapus
  2. Masih bagus yang musim pertama daripada indonesian idol season lain :3

    BalasHapus